edDy sYrOl

Saturday, February 5, 2011

arghhh...sakit perut!!

Definisi Sakit Perut

Sakit perut adalah sakit yang dirasakan pada perut. Perut adalah suatu area anatomi yang dibatasi diatas oleh batas bahagian bawah dari tulang-tulang rusuk dan diafragma, dibawah oleh tulang pelvik (pubic ramus), dan disetiap samping oleh panggul-panggul. Meskipun sakit perut dapat datang dari jaringan-jaringan dinding perut yang mengelilingi rongga perut (seperti kulit dan otot-otot dinding perut), istilah sakit perut umumnya digunakan untuk menggambarkan sakit yang berasal dari organ-organ didalam rongga perut. Organ-organ dari perut termasuk lambung, usus kecil, usus besar (colon), hati, kantong empedu, dan pankreas.

Adakalanya, sakit mungkin dirasakan pada perut meskipun itu datangnya dari organ-organ yang berdekatan pada, namun tidak dalam, rongga perut. Contohnya, kondisi-kondisi dari paru-paru bagian bawah, ginjal-ginjal, dan kandungan atau indung-indung telur (ovari-ovari) dapat menyebabkan sakit perut. Pada sisi lain, adalah juga mungkin untuk sakit dari organ-organ dalam perut dirasakan diluar perut. Contohnya, sakit dari peradangan pankreas mungkin dirasakan di belakang (punggung). jenis2 yang biasanya disebut sakit "yang dirujukkan" kerana sakitnya tidak berasal dari lokasi dimana ia dirasakan. Agaknya, penyebab sakit berlokasi jauh dari dimana ia dirasakan.


wehh..aku dpt info yang cukup berguna tentang sakit perut ni. maybe , sudah masanya kita memahami kondisi perut kita. meh CLICK SINI untuk maklumat lanjut.

2 comments:

Wan Gerrard said...

nice info bro..^_^
sakit perut = tandas

eddy syrol said...

kan..aku pun merasakannya..tht y entry ini terjadi..hehehehe